RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS I SEMESTER 1
TEMA : DIRI SENDIRI
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
1.1 Menjelaskan perbedaan jénis kelamin, agama, dan suku bangsa
2. BAHASA INDONESIA
2.1 Memperkenalkan din dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun
4.1 Menjiplak berbagai bentuk gambar, Iingkaran, dan bentuk huruf
4.2 Menebalkan berbagai bentuk gambar, Iingkaran dan bentuk huruf
3. MATEMATIKA
1.1 Membilang banyak benda
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM .
1.2 Mengidentifikasi kebutuhari tubuh agar tubuh sehat dan kuat
5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
1.1 Identitas diri, keluarga dan kekerabatan
II. INDIKATOR
1. PKN
· Mengidentifikasi jenis kelamin
· Menyebutkan perbedaan jenis kelamin
2. BAHASA INDONESIA
· Menyebutkan data diri dengan kalimat sederhana
· Menyebutkan nama orang tua
· Menyebutkan nama saudara kandung
· Menjiplak gambar
· Menjiplak huruf
· Menebalkan gambar
· Menebalkan huruf
3. MATEMATIKA
· Membilang angka 1 - 5
· Menyebutkan banyak benda
· Membaca lambang bilangan
· Menulis lambang bilangan
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM
· Menerangkan bagian-bagian tubuh
· Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati
· Melakukan perawatan tubuh
5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
· Mengehal nama Iengkap dan nama panggilan
· Menyebutkan nama Iengkap orang tua
· Menunjukkan alamat tempat tinggat
· Menyebutkan jumlah anggota keluarga yg tinggal dalarn satu rumah
III. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
1. Doa bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi Menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”
B. KEGIATAN Inti
1. Mengidentifikasi jenis kelamin
2. Menyebutkan perbedaan jenis kelamin
3. Menyebutkan data din dengan katimat sederhana
4. Menyebutkan nama Iengkap orang tua
5. Menyebutkan nama Iengkap saudara kándung
6. Menjiplak gambar
7. Menjiplak huruf
8. Menebalkan gambar
9. Menebalkan huruf
10. Mengenali angka
11. Menghitung banyak benda
12. Mengenal lambang bilangan
13. Membàca lambang bilangan
14. Menulis nama bilangan
15. Menyebutkan bagian bagian tubuh manusia
16. Menjelaskan kegunaan dan bagian-bagian tubuh manusia
17. Menjelaskan cara merawat bagian-bagian tubuh kita
18. Mengenal nama Iengkap dan nama panggilan
19. Menyebutkan nama Iengkap orang,tua
20. Menu njukkan alamat tempat tinggat
21. Menyebutkan jumlah anggota keluarga yg tinggal dalam satu rumah
(Langkah-Jangkah kegiatan disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran ditutup dengan lagu “Kepala Pundak Lutut Kaki”
IV. METODE, SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya Jawab
2. Demonstrasi 5. Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dari PKN, B. Indonesia, Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4. Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2. Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, Air anyir…………………20….
Kepala Sekolah Guru Kelas
S U G I Y A . RAHAYUMIN SLAMET
Nip.131004569. Nip.131149078.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS I SEMESTER 1
TEMA : KELUARGA
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
1.1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
2. BAHASA INDONESIA
1.1 Membedakan berbagai bunyi bahasa
4.3 mencontoh huruf, kata, atau kalimat sederhana dan buku atau papan tulis dengan benar
3. MATEMATIKA
1.2 Mengurutkan banyak benda
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM .
1.2 Mengidentifikasi kebutuhari tubuh agar tubuh sehat dan kuat
5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
1.1 Identitas diri, keluarga dan kekerabatan
II. INDIKATOR
1. PKN
· Menyebutkan macam-macam agama
· Menyebutkan tempat ibadah
· Menyebutkan hari raya keagamaan
· Menyebutkan suku bangsa yang dikenal
2. BAHASA INDONESIA
· Mengucap berbagai bunyi vocal (a, I, u, e, o)
· Mengucap berbagai bunyl konsonan (n, m, b, p, k, d)
· Menyusun huruf menjadi kata
· Menyusun kata menjadi kalimat sederhana
· Menyalin berbagai huruf vocal (a, 1, u, e, a)
· Menyalin berbagai huruf konsonan (n, m, b, p, k, d)
· Menyalin kata dan buku atau papan tulis
· Menyalin kalimat sederhana dan buku / papan tulis
3. MATEMATIKA
· Menghitung bilangan 1-10 secara urut
· Menu tis lambang bitangan
· Menyebutkan banyak benda
· Membandingkan 2 kumpulan benda
· Mengurutkan bilangan dan yang terbesar / terkecil
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM
· Melakukan perawatan tubuh agar tumbuh sehat.
· Menyebutkan 4 sehat 5 sempurna
· Menceritakan cara merawat pakalan agar selaIu bersih
· Membedakan tempat berudara bersih dan kotor
· Merawat tanaman
· Menyebutkan kegunaan air
5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
· Menyebutkan jumlah anggota keluarga yg tinggal dalam satu rumah
· Menyebutkan tanggal ulang tahun
· Menyebutkan ketas
· Menyebutkan nama sekolah
· Menyebutkan alamat sekolah
III. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
1. Doa bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi : Menyanyikan lagu “Satu-Satu Aku Sayang Ibu”
B. KEGIATAN Inti
1. Mengidentifikasi jenis kelamin
2. Menyebutkan macam-macam agama
3. Menyebutkan tempat ibadah
4. Menyebutkan hari raya keagamaan
5. Menyebutkan suku bangsa yang dikenal
6. Mengucap berbagai bunyi vocal (a, i, u, e, o)
7. Mengucap berbagai bunyi konsonan (n, m, b, p, k d)
8. Menyusun huruf menjadi kata
9. Menyusun kata menjadi kalimatsederhana
10. Menyalin berbagai huruf vocal (a, i, u, e, o)
11. Menyalin berbagai huruf konsonan (n, m, b, p, k, d)
12. Menyalin kata dari buku atau papan tulis
13. Menyalin kalimat sederhana dan buku atau papan tulis
14. Menghitung bilangan 1 -10 secara urut
15. Menulis lambang bilangan
16. Menyebutkan banyak benda
17 Membandingkan 2 kumpulan benda
18. Mengurutkan bilangan dan yang terbesar I terkecil
19. Menjelaskan kebutuhari tubuh agar tumbuh sehat.
20. Menyebutkan 4 sehat 5 sempurna
21. Menceritakan cara merawat pakaian agar selalu bersih
22. Membedakan tempat berudara bersih dan kotor
23. Merawat tanaman
24.. Menyebutkan kegunaan air
25. Memperkenalkan din
26. Menyebut nama panggilan
27. Menyebutkan umur
28. Menyebutkan tanggal ulang tahun
29. Menyebutkan kelas
30. Menyebutkan nama sekolah
31. Menyebutkan alamat sekolah
(Langkah-Jangkah kegiatan disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran ditutup dengan lagu “Selamat Ulang Tahun”
IV. METODE, SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya Jawab
2. Demonstrasi 5. Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dari PKN, B. Indonesia, Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kartu kata 4. Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2. Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, Air anyir, …………………20….
Kepala Sekolah Guru Kelas I
S U G I Y A. RAHAYUMIN SLAMET.
Nip.131004569. Nip.131149078.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS I SEMESTER 1
TEMA : LINGKUNGAN
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
1.2 Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah
2. BAHASA INDONESIA
1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
3.2 Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh denqan kalimat sederhana
3. MATEMATIKA
1.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampal 20
2.1 Menentukan waktu (pagi, siang, malam), hari dan jam (secara bulat)
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM .
1.3 Membiasakan hidup sehat
5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
1.1 Identitas diri, keluarga dan kekerabatan
II. INDIKATOR
1. PKN
· Menceritakan hidup rukun di rumah
· Membeni contoh hidup rukun di rumah
· Menjelaskan akibat tidak rukun di n.imah
· Menceritakan hidup rukun di sekolah
· Memberi contoh hidup rukun di sekolah
· Menjelaskan akibat tidak rukun di sekolah
2. BAHASA INDONESIA
· Mengenal huruf konsonan (n, m, b, p, k, d, s, t)
· Mernbaca’nyaring kalimat sederhana
· Mengenal huruf konsonan (n, m, b, p, k, d, s, t)
· Membaca nyaring kalimat sederhana
· Mendesknipsikan benda-benda di sekitar kita
· Menyebutkan kegunaan bendadi sekitar kita
· Mengenal anggota tubuh
· Mempraktikkan cara-cara merawat anggota tubuh
3. MATEMATIKA
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan 21-50
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengurangan bilangan 21-50
· Menyelesaikan masalah dalam bentuk soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan 21-50
· Menyelesaikan masalah datam bentuk soal cerita yang berkaitan dengan pengurangan bilangan 2 1-50
· Memberi contoh kegiatan yang lama atau sebentar
· Membedakan waktu lama atau sebentar
· Melakukan kegiatan sehari-hari yang sebentar atau lama
· Menyebutkan urutan nama-nama hari dalam satu minggu
· Menyebutkan urutan nama-nama bulan dalam setahun
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM
· Menjelaskan cara hidup sehat
· Menceritakan kebiasaan hidup sehat
· Menerapkan hidup sehat dalarn kehidupan sehari-hari
5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
· Menyebutkan nama Iengkap dan nama panggilan
· Menyebutkan alamat tempat tinggal keluarga dan saudara
· Menyebutkan keluarga yang tinggal dalam satu rumah
· Melakukan sikap hormatpada orang lain (orang tua, saudara, guru, teman, dan lain- lain)
III. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
1. Doa bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi : Menyanyikan lagu “Satu-Satu Aku Sayang Ibu”
B. KEGIATAN Inti
1. Menceritakan hidup rukun di rumah
2. Memberi contoh hidup rukun di rumah
3. Menjelaskan akibat tidak rukun dirumah
4. Menceritakan hidup rukun di sekolah
5. Memberi contoh hidup rukun di seko!ah
6. Menjelaskan akibat tidak rukun di sekolah
7. Membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat
8. Menjelaskan akibat tidak rukun dirumah
9. Menceritakan hidup rukun di sekolah
10. Mendeskripsikan benda-benda di sekitar kita
11. Menáeritakan kegunaan benda di sekitar kita
12. Mengenalkan anggota tubuh
13. Mempraktikkan cara-cara merawat anggota tubuh
14. Menyelesaikan rnasalah yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan 2 1-50
15. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengurangan bilangan 21-50
16. Menyelesaikan masalah dalam bentuk soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan 21-50
17. Menyelesaikan masalah dalam bentuk soal cerita yang berkaitan dengan pengurangan bilangan 21-50
18. Bersama-sama menyanyikan lagu “Nama-nama Hari”
19. Memberl contoh kegiatan . yang lama atau sebentar
20. Membedakan waktu lama atau sebentar
21. Melakukan kegiatan sehari-hari yang sebentar atau lama
22. Menyebutkan urutan nama-nama hari dalam satu minggu
23. Menyebutkan urutan nama-nama bulan dalam setahun
24. Menjelaskan cara hidup sehat
25. Menjelaskan kebiasaan hidup sehat
26. Mempraktikkan hidup sehat
27. Menjelaskan kebiasaan hidup sehat
28. Mempraktikkan hidup séhat
29. Menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan
30. Menyebutkan alamat tempat tinggal keluarga dan saudara
31. Menyebutkan keluarga yang tinggal dalam satu rumah
32. Melakukan sikap honmat pada orang lain (orang tua, saudara, guru, teman, dan lain-lain)
(Langkah-Jangkah kegiatan disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran ditutup dengan lagu “Aku Anak Sehat”
IV. METODE, SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya Jawab
2. Demonstrasi 5. Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dari PKN, B. Indonesia, Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4. Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2. Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, Air anyir, …………………20….
Kepala Sekolah Guru Kelas I
S U G I Y A . RAHAYUMIN SLAMET.
NIP.131004569. NIP.131149078
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS I SEMESTER 1
TEMA : PENGALAMAN
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
1.3 Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
2. BAHASA INDONESIA
2.2 Menyapa orang lain dengan menggunakän kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang èantun
4.3 Mencontoh huruf, kata atau kalimat sederhana dan buku atau papan tulis
3. MATEMATIKA
1.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampai 20
2.1 Menentukan waktu (pagi, siang, malam), hari dan jam (secara bulat)
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM .
1.3 Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya
5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
1.1 Menceritakan pengalaman diri
II. INDIKATOR
1. PKN
· Menyebutkan keluarga yang tinggal dalam satu rumah
· Melakukan sikap hormat pada orang lain (orang tua, saudara, guru, teman, dan lain- lain)
· Memberi contoh hidup rukun di rumah
· Membeni contoh hidup rukun di sekolah
· Menjelaskan akibat hidup tidak rukun
· Menyebutkan manfaat hidup
2. BAHASA INDONESIA
· Menyapa orang lain
· Menjelaskan kata tanya untuk menyapa orang lain
· Menggunakan kalimat sapaan dengàn benar
· Menulis kata tanya
· Membuat kalimat tanya dengan kata yang sederhana
3. MATEMATIKA
· Menyelesaikan masatah yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan 21-50
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengurangan bilangan 21-50
· Menyelesaikan masalah dalam bentuk scat cerita yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan 21-50
· Menyelesaikan masalah dalam bentuk soal cerita yang berkaitan dengan pengurangan bilangan 2 1-50
· Memberi contoh kegiatan yang lama atau sebentar
· Membedakan waktu lama atau sebentar
· Melakukan kegiatan seharii-harii yang sebentar atau lama
· Menyebutkan urutan nama-nama hari dalam satu minggu
· Menyebutkan urutan nama-nama bulan dalam setahun
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM
· Membedakan bentuk suatu benda
· Mengelornpokkan benda yang sama bentuknya
· Menjelaskan perubahari bentuk benda melalui perlakuan yang berbeda
5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
· Menyebutkani keluarga yang tinggal dalam satu rumah
· Melakukan sikap hormat pada orang lain (orang tua, saudara, guru, teman, dan lain-lain)
· Menceritakan dan menutis penistiwa menyenangkan yang pernah dialami
· Menceritakan dan menulis penistiwa tidak menyenangkan yang pernah dialami
· Menceritakan kembali hal-hal yang pemah dialami berdasankan cerita orang tua atau orang lain
· Menyebutkan peristiwa yang pernah terjadi di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang tua atau orang lain
III. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
1. Doa bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi : Menyanyikan lagu “Nama-Nama Hari”
B. KEGIATAN Inti
1. Menceritakan hidup rukun di rumah
2. Menyebutkan keluarga yang tinggal dalam satu rumah
3. Melakukan sikap hormat pada orang lain (orang tua, saudara, guru, teman, dan lain-lain)
4. Memberi contoh hidup rukun di rumab
5. Memberi contoh hidup rukun di sekolah
6. Menjelaskan akibat hidup tidak rukun
7. Menyebutkan manfaat hidup rukun
8. Menyapa teman sebaya dengan benar
9. Menggunakan kata tanya untuk menyapa orang lain
10. Membuat kalimat sapaan secara lisan
11. Menulis kata tanya (apa, siapa, di mana)
12. Membuat kalimat Tanya dengan benar
13. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjurniahari bilangan 2 1-50
14. Menye!esaikan masalah yang berkaitan dengan pengurangan bilangan 21-50
15. Menyelesaikan masalah dalam bentuk soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan 21-50
16. Menyelesaikan masalah dalam bentuk soal cerita yang berkaitan dengan pengurangan bilangan 2 1-50
17. Bersama-sama menyanyikan lagu “Nama-nama Hari”
18. Membeni contoh kegiatan yang lama atau sebentar
19. Membedakan, waktu lama atau sebentar
~20. Melakukan kegiatan sehari-hari yang sebentar atau larna
21. Menyebutkan urutan nama-nama hari dalam satu minggu
22. Menyebutkan urutan nama-nama bulan dalam setahun
23. Membedakan bentuk suatu benda
24. Mengelompokkan benda yang sama bentuknya
25. Menjelaskan perubahari bentuk benda melalui penlakuan yang berbeda
26. Menyebutkan keluarga yang tinggal dalam satu rumah
27. Melakukan sikap hormat pada orang lain (orang tua, saudara, guru, teman, dan lain-lain)
28. Menceritakan dan menulis penistiwa menyenangkan yang pernah dialami
29. Menceritakan dan menulis peristiwa tidak menyenangkan yang pernah dialami
30. Menceritakan kembali hal-hal yang pemah dialami berdasarkan cerita orang tua atau orang lain
31. Menyebutkan penistiwa yang pernah terjadi di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang tua atau orang lain
(Langkah-Jangkah kegiatan disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran ditutup dengan lagu “Aku Anak Sehat”
IV. METODE, SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya Jawab
2. Demonstrasi 5. Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dari PKN, B. Indonesia, Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4. Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2. Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, Air anyir,……………
Kepala Sekolah Guru Kelas I
S U G I Y A. RAHAYUMIN SLAMET
Nip.131004569 Nip.131149078.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS I SEMESTER 1
TEMA : LINGKUNGAN
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
1.2 Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di seko~ah
2. BAHASA INDONESIA
1.2 Melaksanakan sesuatu sesuai dengan perintah atau petunjuk sederhana
3.2 Mendeskripsikan benda-benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh denqan kalimat sederhana
3. MATEMATIKA
1.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan sampal 20
2.1 Menentukan waktu (pagi, siang, malam), hari dan jam (secara bulat)
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM .
1.3 Membiasakan hid up sehat
5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
1.1 Identitas diri, keluarga dan kekerabatan
II. INDIKATOR
1. PKN
· Menceritakan hidup rukun di rumah
· Membeni contoh hidup rukun di rumah
· Menjelaskan akibat tidak rukun di rumah
· Menceritakan hidup rukun di sekolah
· Memberi contoh hidup rukun di sekolah
· Menjelaskan akibat tidak rukun di sekolah
2. BAHASA INDONESIA
· Mengenal huruf konsonan (n, m, b, p, k, d, s, t)
· Mernbaca’nyaring kalimat sederhana
· Mengenal huruf konsonan (n, m, b, p, k, d, s, t)
· Membaca nyaring kalimat sederhana
· Mendesknipsikan benda-benda di sekitar kita
· Menyebutkan kegunaan benda di sekitar kita
· Mengenal anggota tubuh
· Mempraktikkan cara-cara merawat anggota tubuh
3. MATEMATIKA
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan 21-50
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengurangan bilangan 21-50
· Menyelesaikan masalah dalam bentuk soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan 21-50
· Menyelesaikan masalah datam bentuk soal cerita yang berkaitan dengan pengurangan bilangan 2 1-50
· Memberi contoh kegiatan yang lama atau sebentar
· Membedakan waktu lama atau sebentar
· Melakukan kegiatan sehari-hari yang sebentar atau lama
· Menyebutkan urutan nama-nama hari dalam satu minggu
· Menyebutkan urutan nama-nama bulan dalam setahun
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM
· Menjelaskan cara hidup sehat
· Menceritakan kebiasaan hidup sehat
· Menerapkan hidup sehat dalarn kehidupan sehari-hari
5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
· Menyebutkan nama Iengkap dan nama panggilan
· Menyebutkan alamat tempat tinggal keluarga dan saudara
· Menyebutkan keluarga yang tinggal dalam satu rumah
· Melakukan sikap hormatpada orang lain (orang tua, saudara, guru, teman, dan lain- lain)
III. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
1. Doa bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi : Menyanyikan lagu “Satu-Satu Aku Sayang Ibu”
B. KEGIATAN Inti
1. Menceritakan hidup rukun di rumah
2. Memberi contoh hidup rukun di rumah
3. Ménjelaskan akibat tidak rukun dirumah
4. Menceritakan hidup rukun di sekolah
5. Memberi contoh hidup rukun di seko!ah
6. Menjelaskan akibat tidak rukun di sekolah
7. Membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat
8. Menjelaskan akibat tidak rukun dirumah
9. Menceritakan hidup rukun di sekolah
10. Mendeskripsikan benda-benda di sekitar kita
11. Menáeritakan kegunaan benda di sekitar kita
12. Mengenalkan anggota tubuh
13. Mempraktikkan cara-cara merawat anggota tubuh
14. Menyelesaikan rnasalah yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan 2 1-50
15. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengurangan bilangan 21-50
16. Menyelesaikan masalah dalam bentuk soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan 21-50
17. Menyelesaikan masalah dalam bentuk soal cerita yang berkaitan dengan pengurangan bilangan 21-50
18. Bersama-sama menyanyikan lagu “Nama-nama Hari”
19. Memberl contoh kegiatan . yang lama atau sebentar
20. Membedakan waktu lama atau sebentar
21. Melakukan kegiatan seharii-harii yang sebentar atau lama
22. Menyebutkan urutan nama-nama hari dalam satu minggu
23. Menyebutkan urutan nama-nama bulan dalam setahun
24. Menjelaskan cara hidup sehat
25. Menjelaskan kebiasaan hidup sehat
26. Mempraktikkan hidup sehat
27. Menjelaskan kebiasaan hidup sehat
28. Mempraktikkan hidup séhat
29. Menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan
30. Menyebutkan alamat tempat tinggal keluarga dan saudara
31. Menyebutkan keluarga yang tinggal dalam satu rumah
32. Melakukan sikap honmat pada orang lain (orang tua, saudara, guru, teman, dan lain-lain)
(Langkah-Jangkah kegiatan disesuaikan dengan jadwal pelajaran masing masing sekoIah)
C. KEGIATAN AKHIR
1. Siswa melaksanakan tugas portofolio
2. Pelajaran ditutup dengan lagu “Aku Anak Sehat”
IV. METODE, SUMBER, MEDIA PEMBELAJARAN
A. METODE
1. Ceramah 4. Tanya Jawab
2. Demonstrasi 5. Tugas
3. Game
B. SUMBER
1. Buku Tematik Kelas I
(Terdiri dari PKN, B. Indonesia, Matematika, IPA, IPS)
2. Pengembangan Guru
C. MEDIA
1. Kartu bilangan 2. Kartu huruf
3. Kantu kata 4. Gambar-gambar yang relevan
V. PENILAIAN
1. Lisan 2. Tertulis
3. Perbuatan 4. Portofolio
Mengetahui, Air anyir…………………20….
Kepala Sekolah
Guru Kelas I
S U G I Y A . RAHAYUMIN SLAMET.
NIP.131004569. NIP.131149078
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS I SEMESTER 1
TEMA : KEGEMARAN
ALOKASI WAKTU 3 MINGGU
I. KOMPETENSI DASAR
1. PKN
2.1 Menjelaskan pentingnya tata tertib di rumah dan di sekolah
2. BAHASA INDONESIA
3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat
3.2 Membaca nyaring kalimat seder-haria dengan lafal dan intonasi yang tepat
3. MATEMATIKA
1.4 Mengenal panjang suatu benda meialui ka-limat sehari- hari (pendek panjang) dan membanding-kannya
2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu dan panjang
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM .
2.1 Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat
3.1 Mengidentifikasi benda yang ada di Iingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan
5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
1.3 Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga
II. INDIKATOR
1. PKN
· Melaksanakan tata tertib di rumah
· Melaksanakan tata tertib di rumah
· Menjelaskan pentingnya tata tertib di sekolah
· Melaksanakan tata tertib di sekolah
2. BAHASA INDONESIA
· Membaca suku kata dengan tepat
· Membaca nyaring suku kata dengan lafal yang tepat
· Membaca kata dengan tepat
· Membaca nyaring kata dengan lafal yang tepat
· Membaca kalimat dengan tepat
· Membaca nyaning kalimat dengan lafal yang tepat
3. MATEMATIKA
· Menyebutkan panjang pendek suatu benda meialui kalimat sehari-hari
· Menunjukkan panjang/ pendek suatu benda
· Membandingkan panjang benda-benda di sekitar
· Mengukur panjang benda dengan satuan tak
· Menjelaskan waktu meiaiui kegiatan sehari-hari yang sebentar atau lama
· Memberi contoh kegiatan yang lama atau sebentar
· Menyebutkan nama-nama hari
· Menyebutkan nama-nama butan
· Membaca tanda waktu yang ditunjukkan oieh jarum jam dinding
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM
· Menjelaskan keadaan Iingkungan yang sehat
· Membuang sampah / meludah pada tempatnya
· Menceritakan pertunya merawat lingkungan
· Melakukan perawatan Iingkungan sekitar
· Menunjukkan ciri-ciri benda
· Mengeiompokkan benda-benda menurut jenisnya
· Menyebutkan sifat-sifat benda
5. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
· Menjelaskan kasih sayang orang tua kepada anak
· Menjelaskan kasih sayang anak terhadap orang tua (ayah dan ibu)
· Menceritakan kasih sayang anak terhadap sesama (fakir, miskin, yatim piatu, dll)
· Menjelaskan manfaat kasih sayang antar anggota keluanga
· Menjelaskan akibat bila tidak ada kasih sayang
III. LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
A. KEGIATAN AWAL
1. Doa bersama
2. Absensi siswa
3. Appersepsi : Menyanyikan lagu “Nama-Nama Hari”
B. KEGIATAN Inti
1. Menceritakan hidup rukun di rumah
2. Mengerjakan kegiatan di rumah tepat waktu
3. Menyebutkan tata tertib di rumah
4. Menyebutkan tata tertib di sekolah
5. Metaksanakan tata tertib di sekolah
6. Mengetahui sanksi/hukuman apabila melanggar tata tertib
7. Membaca suku kata dengan tepat
8. Membaca nyaning suku kata dengan lafal yang tepat
9. Membaca kata dengan tepat
10. Membaca nyaning kata dengan lafal yang tepat
11. Membaca kalimat dengan tepat
12. Membaca nyaring kalimat dengan tafal yang tepat
13. Menyebutkan panjang pendek suatu benda melalui kalimat sehari-hari
14. Menunjukkan panjang/ pendeksuatu benda
15. Membandingkan panjang benda-benda di sekitar
16. Mengukur panjang benda dengan satuan tak
17. Mengenalkan konsep lama atau sebentar dalam kegiatan seharii-hari
18. Menyebutkan contoh kegiatan lama/sebentar
19. Menyebutkan nama-nama hari atau bulan
20. Membaca waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam dinding
21. Membandingkan Lingkungan yang bersih dan kotor
22. Menjaga kebersihari di Iingkungan rumah dan di sekolah
23. Menyebutkan cara menjaga lingkungan agar tetap sehat
24. Menjelaskan alasanperlunya merawat Iingkungan
25. Menyebutkan cara menjaga Iingkungan agar tetap sehat
26. Menjelaskan alasan perlunya merawat Iingkungan
27. Menyebutkan ciri-ciri benda padat, cair, gas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar