RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KELAS V
SEMESTER 1
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : V/I
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran @ 35 menit
Pertemuan minggu ke- 1 sampai 4 (4 minggu)
I. Standar Kompetensi : Menghargai berbagal peninggalan dan sejarah yang berskala
nasional pada masa Hindu¬-Budha, dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
II. Kompetensi Dasar : Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang
berskala nasional dan masa Hindu-¬Budha, dan Islam di Indonesia
III. lndikator : ● Menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-
Budha dan Islam yang ada di Indonesia
● Membuat daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-
Budha dan Islam yang ada di Indonesia
● Menceritakan peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-
Budha dan Islam yang ada di Indonesia
● Melestarikan peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-
Budha dan Islam yang ada di Indonesia
● Menunjukkan letak peninggalan sejarah Hindu – Buddha me-
lalui peta
● Mengelompokkan peninggalan sejarah sesuai kelompok aga-
manya
● Membuat laporan hasil kunjungan ke tempat bersejarah
● Mendiskusikan hasil kunjungan ke tempat bersejarah
IV. Materi Pokok
Makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dan masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1 - 4)
Pertemuan 1
Menjelaskan dan menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
Pertemuan 2
Menjelaskan daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
Pertemuan 3
Menjelaskan dan menceritakan beberapa peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam dl Indonesia
Pertemuan 4
Menjelaskan cara-cara melestarikan dan memberi makna peninggalàn yang berskala nasional dan masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
VI. Alat Dan Sumber Bahan
1. Alat Peraga : Gambar candi borobudur, candi prambanan, masjid, dll
2. Sumber : Buku IPS kelas V
Buku yang relevan
VII. Penilaian
1. Tertulis : Pilihan ganda
2. Pengamatan / perbuatan
3. Porto folio
Mengetahui, Jakarta, …………………20….
Kepala Sekolah Guru Kelas V
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas I Semester : V/I
Alokasi Waktu : 12 x 35 menit
Pert. 5 - 7 (3 minggu)
I. Standar Kompetensi : Menghargai berbagal peninggalan dan sejarah yang berskala
nasional pada masa Hindu¬-Budha, dan Islam keragaman
kenampakan slam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
II. Kompetensi Dasar : Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha,
dan Islam di Indonesia
III. lndikator : - Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha
dan Islam di Indonesia
- Menyebutkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha
dan Islam di Indonesia
- Mengelompokkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-
Budha, dan Islam di Indonesia
- Membandingkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-
Budha, dan Islam di Indonesia
IV. Materi Pokok
Tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1 - 4)
Pertemuan 5
Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
Pertemuan 2
Menjelaskan dan menyebutkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
Pertemuan 3
Mengelompokkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
Membandingkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
VI. Alat Dan Sumber Bahan
1. Alat Peraga : Gambar / foto tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam
2. Sumber : Buku IPS kelas V
Buku yang relevan
VII. Penilaian
1. Tertulis : jawaban singkat
2. Pengamatan / perbuatan
3. Porto folio
Mengetahui, Jakarta, …………………20….
Kepala Sekolah Guru Kelas V
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas I Semester : V/I
Alokasi Waktu : 12 x 35 menit
Pert. 8 - 11 (4 minggu)
I. Standar Kompetensi : Menghargai berbagai peninggalan dan sejarah yang berskala
nasional pada masa Hindu¬-Budha, dan Islam keragaman
kenampakan slam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di
Indonesia
II. Kompetensi Dasar : Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta
pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggurtakan
peta/atlas/globe dan media Iainnya
III. lndikator : - Menggambar peta Indonesia dengan menggunakan simbol
- Menyebutkan ciri-ciri kenampakan alam dan buatan
- Menunjukkan pada peta pembagian wilayah waktu di
Indonesia
IV. Materi Pokok
Keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan peta/atlas/globe dan media lainnya
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1 - 4)
Pertemuan 8
Memberi tugas kepada siswa untuk menggambar peta Indonesia dengan menggunakan
Symbol
Pertemuan 9
Menjelaskan tentang cara-cara memberikan simbol pada peta yang telah dibuat siswa
Pertemuan 10
Menyebutkan dan menjelaskan ciri-ciri kenampakari slam dan buatan pada peta Indonesia
Pertemuan 11
Menjelaskan dengan peta serta menujukkan pembagian wilayah waktu di Indonesia
Menyebutkan wilayah pembagian waktu di Indonesia
VI. Alat Dan Sumber Bahan
1. Alat Peraga : Peta, globe, atlas, media lainya
2. Sumber : Buku IPS kelas V
Buku yang relevan
VII. Penilaian
1. Tertulis : Pilihan ganda
Isian
2. Pengamatan / perbuatan
3. Porto folio
Mengetahui, Jakarta, …………………20….
Kepala Sekolah Guru Kelas
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas I Semester : V/I
Alokasi Waktu : 9 x 35 menit
Pert. 12 – 14 (4 minggu)
I. Standar Kompetensi : Menghargai berbagal peninggalan dan sejarah yang berskala
nasional pada masa Hindu¬-Budha, dan Islam keragaman kenampakan slam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
II. Kompetensi Dasar : Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
III. lndikator : - Menemutunjukkan pada peta persebaran daerah asal suku
bangsa di Indonesia
- Mengembangkan sikap menghormati keragaman suku bangsa
di Indonesia
- Mengidentifikasi keragaman budaya di Indonesia
- Menyebutkan macam-macam suku bangsa di Indonesia
IV. Materi Pokok
Keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 12 - 14)
Pertemuan 12
Menjelaskan dengan menggunakan peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia
Pertemuan 13
Menjelaskan cara mengembangkan sikap menghormati keragaman suku bangsa di Indonesia
Pertemuan 14
Mengidentifikasi keragaman budaya dan menyebutkan macam-macam suku bangsa di Indonesia
VI. Alat Dan Sumber Bahan
1. Alat Peraga : Gambar keanekaraman suku bangsa dan budaya di Indonesia
Peta/atlas Indonesia
2. Sumber : Buku IPS kelas V yang relevan
VII. Penilaian
1. Tertulis : Pilihan ganda
Jawab singkat
2. Pengamatan / perbuatan
Mengetahui, Jakarta, …………………20….
Kepala Sekolah Guru Kelas
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas I Semester : V/I
Alokasi Waktu : 9 x 35 menit
Pert. 15 – 18 (4 minggu)
I. Standar Kompetensi : Menghargai berbagal peninggalan dan sejarah yang berskala
nasional pada masa Hindu¬-Budha, dan Islam keragaman kenampakan slam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
II. Kompetensi Dasar : Mengenal jenis-jenis dan kegiatan ekonomi di Indonesia
III. lndikator : - Menyebutkan jenis-jenis usaha pereko¬nomian dalam
masyarakat Indonesia
- Memberi contoh usaha yang dikelola sendiri dan kelompok
- Memberikan contoh cara menghargai kegiatan orang dalam usaha
- Menyebutkan contoh kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi di Indonesia
IV. Materi Pokok
Jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 15 - 18)
Pertemuan 15
Menjelaskan jenis-jenis usaha perekonomian dalam masyarakat
Pertemuan 16
Berdiskusi dan memberi contoh usaha yang dikelola sendiri swasta dan atau pemerintah
Pertemuan 17
¬Menjelaskan cara menghargai kegiatan orang dalam berusaha
Pertemuan 18
Menjelaskan dan menyebutkan contoh kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi di Indonesia.
VI. Alat Dan Sumber Bahan
1. Alat Peraga : Gambar-gambar jenis usaha perekonomian yang ada di masyarakat
2. Sumber : Buku IPS kelas V yang relevan
VII. Penilaian
1. Tertulis : Uraian
2. Pengamatan / perbuatan
Mengetahui, Jakarta, …………………20….
Kepala Sekolah Guru Kelas
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas I Semester : V/I
Alokasi Waktu : 9 x 35 menit
Pert. 1 – 3 (3 minggu)
I. Standar Kompetensi : Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam
mempersiapkan dan mem¬pertahankan Kemerdekaan Indonesia
II. Kompetensi Dasar : Mengenal jenis-jenis dan kegiatan ekonomi di Indonesia
III. lndikator : - Menceritakan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke
dalam kekuasaan pemerintah Belanda
- Menjelaskan sistem kerja paksa dan penarikan pajak yang
memberatkan rakyat
- Menceritakan perjuangan para tokoh daerah dalam upaya
mengusir penjajah Belanda
IV. Materi Pokok
Perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional Indonesia
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1 - 3)
Pertemuan 1
1. Pendahuluan
- Mengajak siswa memperhatikan gambar tentang kedatangan kapal-kapal Belanda ke Indonesia
-. Bertanya jawab dengan siswa mengenai pendapatnya seputar kedatangan Belanda
- Menunjuk siswa secara acak untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan
2. Kegiatan inti
- Mengadakan tanya jawab seputar tokoh-tokoh Islam yang mertentang kedatangan Belanda
- Menjelaskan salah satu kerajaan Islam yang jatuh ke tangan Belanda
- Menugaskan siswa melakukan studi pustaka mencari contoh lain kerajaan Islam yang jatuh ke tangan Belanda
- Menjelaskan sistein kerja paksa dan penarikan pajak sebelum melontarkan pertanyaan-pertanyaan
- Memandu diskusi kelompok yang dilakukan siswa mengenal sistem kerja paksa dan penarikan pajak
- Mengajak siswa mengamati peta tèntang wilayah-wilayah diberlakukannya tanam paksa
- Memberi kebebasan kepada siswa untuk berpendapat mengenai peta yang diamati
- Menegaskan siswa secara kelompok untuk melakukan bermain peran mengenai kisah perlawanan terhadap Belanda
3. Kegiatan penutup
- Menyimpulkan materi yang telah dipelajari
- Memberi motivasi
- Mengadakan tes tertulis dari uji kompetensi
Pertemuan 2
1. Pendahuluan
- Mengajak siswa memperhatikan gambar tentang kedatangan kapal-kapal Belanda ke Indonesia
- Bertanya jawab dengan siswa mengenai pendapatnya seputar kedatangan Belanda
- Menunjuk siswa secara acak untuk pertanyaan-pertanyaan
VI. Alat Dan Sumber Bahan
1. Alat Peraga : Gambar-gambar jenis usaha perekonomian yang ada di masyarakat
2. Sumber : Buku IPS kelas V yang relevan
VII. Penilaian
1. Tertulis : Uraian
2. Pengamatan / perbuatan
Mengetahui, Jakarta, …………………20….
Kepala Sekolah Guru Kelas
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KELAS V
SEMESTER 2
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas I Semester : V/II
Alokasi Waktu : 9 x 35 menit
Pert. 4 – 6 (3 minggu)
I. Standar Kompetensi : Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam
mempersiapkan dan mem¬pertahankan Kemerdekaan
Indonesia
II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada
penjajahan Belanda dan Jepang
III. lndikator : - Menceritakan pendudukan Jepang di Indonesia
- Menceritakan sebab dan akibat pergerakan tenaga romusa oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia
IV. Materi Pokok
Perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional Indonesia
- Perjuangan melawan penjajah Jepang
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 4 - 6)
1. Pendahuluan
- Mengajak siswa mengamati dan membandingkan gambar salah satu kota di Jepang
- Memberi kesempatan bagi siswa mengemukakan pendapatnya tentang kedua gambar yang diamati
2. Kegiatan inti
- Mengadakan tanya jawab seputar tokoh-tokoh Islam yang menentang kedatangan Belanda
- Menjelaskari mengenai sebab-sebab meletusnya perang dunia II dan kedatangan Jepang ke Indonesia
- Mengajak siswa memperhatikan peta pendaratan pasukan Jepang ke Indonesia
- Mengadakan tanya jawab mengenal lembaga-lembaga bentukan Jepang
- Memberi tugas menjawab pertanyaan tentang sebab akibat pergerakan tenaga romusa oleh Jepang
3. Kegiatan penutup
- Menganjurkan kepada siswa untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan dalam melawan penjajah
- Mengadakan tes tertulis dari uji kompetensi
VI. Alat Dan Sumber Bahan
1. Alat Peraga : Gambar, Peta
2. Sumber : Pengetahuan Sosial hal. 97 – 100 (Aneka Ilmu)
VII. Penilaian
1. Tertulis
2. Porto Folio
Mengetahui, Jakarta, …………………20….
Kepala Sekolah Guru Kelas
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas I Semester : V/II
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
Pert. 7 – 8 (2 minggu)
I. Standar Kompetensi : Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam
mempersiapkan dan mem¬pertahankan Kemerdekaan
Indonesia
II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada
penjajahan Belanda dan Jepang
III. lndikator : - Membuat ringkasan riwayat hidup tokoh penting pergerakan
nasional
- Membuat laporan tentang tokoh pejuang yang ada di provinsinya
- Menceritakan peristiwa sumpah pemuda
- Menceritakan peranan tokoh dalam peristiwa sumpah pemuda 28 Oktober 1928
- Menceritakan peranan sumpah pemuda 28 Oktober 1928 dalam mempersatukan Indonesia
IV. Materi Pokok
Perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional Indonesia
- Tokoh-tokoh penting pergerakan nasional
- Peranan sumpah pemuda 28 Oktober 1928 dalam mempersatukan Indonesia
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 7 - 8)
1. Pendahuluan
- Bertanya jawab sesuai dengan materi
- Memberi penjelasan singkat tentang peranan pemuda
2. Kegiatan inti
- Menjelaskan secara singkat latar belakang munculnya pergerakan nasional
- Menugaskan siswa untuk membuat profil riwayat hidup tokoh-tokoh penting pergerakan nasional, seperti RA Kartini, Dewi Sartika, Ki Hajar Dewantara, Douwes Dekker
- Menugaskari siswa untuk membuat laporan tentang tokoh pejuarig yang ada di provinsi tempat tinggalnya
- Melakukan diskusi kelas tentang peristiwa sumpah pemuda khususnya tentang konggres pemuda I dan II
- Menugaskan siswa membuat catatan mengenal peranan tiga tokoh penting dalam
peristiwa sumpah pemuda
- Menugaskan setiap siswa menjawab pertanyaan dan kesimputan mengenai peranan sumpah pemuda dalam mempersatukan Indonesia
3. Kegiatan penutup
- Memandu siswa untuk menyimpulkan pentingnya pembentukan organisasi pergerakan nasional
- Mendorong siswa untuk melakukan tugas pembiasaan agar siswa dapat mencontoh sikap-sikap terpuji pars pahlawan pergerakan nasional
- Mengadakan uji kompetensi
VI. Alat Dan Sumber Bahan
1. Alat : Gambar
2. Sumber : Pengetahuan Sosial hal. 100 – 108 (Aneka Ilmu)
Buku penunjang lainnya
VII. Penilaian
1. Tes Tertulis
2. Porto Folio
Mengetahui, Jakarta, …………………20….
Kepala Sekolah Guru Kelas
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas I Semester : V/II
Alokasi Waktu : 9 x 35 menit
Pert. 9 – 11 (3 minggu)
I. Standar Kompetensi : Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam
mempersiapkan dan mem¬pertahankan Kemerdekaan
Indonesia
II. Kompetensi Dasar : Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam
mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
III. lndikator : - Menjelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan
kemerdekaan
- Menjelaskari perlunya perumusan dasar negara sebelum kemerdekaan
- Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan
- Menunjukkan sikap menghargai jasa para tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan
IV. Materi Pokok
Persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 9 – 11)
1. Pendahuluan
- Melakukan tanya jawab yang berkaitan dengan materi
- Bertanya jawab. dengan siswa mengenai tokoh-tokoh yang terlibat dalam perang kemerdekaan
2. Kegiatan inti
- Menjelaskan penting usaha dan kerja keras para tokoh datam mempersiapkan kemerdekaan
- Memberi tugas melakukan studi pustaka secara berkelompok üntuk mencari lembaga-lembaga bentukan Jepang dalam persiapan mencapai kemerdekaan
- Menugaskan siswa mendiskusikan perlunya perumusan dasar negara bagi Indonesia secara berkebmpok
- Menugaskan siswa mengenali tokoh-tokoh yang berperan dalam usaha mempersiapkan kemerdekaan
- Menugaskan siswa untuk menuliskan bagaimana cara menghargai para pahlawan
3. Kegiatan penutup
- Menyimpulkan materi yang telah dipelajari
- Mengadakan uji kompetensi
VI. Alat Dan Sumber Bahan
1. Alat : Gambar
2. Sumber : Pengetahuan Sosial hal. 114 – 121
VII. Penilaian
1. Tes Tertulis
2. Porto Folio
Mengetahui, Jakarta, …………………20….
Kepala Sekolah Guru Kelas
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas I Semester : V/II
Alokasi Waktu : 9 x 35 menit
Pert. 12 – 14 (3 minggu)
I. Standar Kompetensi : Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam
mempersiapkan dan mem¬pertahankan Kemerdekaan
Indonesia
II. Kompetensi Dasar : Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam
mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
III. lndikator : - Menyebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
- Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam memprokiamasikan kemerdekaan
IV. Materi Pokok
Proklamasi kemerdekaan Indonesia
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 12 – 14)
1. Pendahuluan
- Mengajak siswa bertanya jawab tentang tokoh atau pahlawan yang ada pada gambar
- Menunjuk siswa secara acak untuk menjawab pertanyaan
2. Kegiatan inti
- Menyebutkan tokoh-tokoh dalammemproklamasikan kemerdekaan
- Menugaskan siswa secara berkelompok untuk mengidentifikasi dua tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
- Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam dalam memprokiamasikan kemerdekaan
- Mengajak siswa mencari jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
3. Kegiatan penutup
- Menyimpulkan materi
- Memberi motivasi
- Mengadakan uji kompetensi
VI. Alat Dan Sumber Bahan
1. Alat : Gambar
2. Sumber : Buku IPS kelas
Buku penunjang yang relevan
VII. Penilaian
1. Tes Tertulis
2. Porto Folio
Mengetahui, Jakarta, …………………20….
Kepala Sekolah Guru Kelas
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas I Semester : V/II
Alokasi Waktu : 9 x 35 menit
Pert. 15 – 16 (2 minggu)
I. Standar Kompetensi : Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam
mempersiapkan dan mem¬pertahankan Kemerdekaan
Indonesia
II. Kompetensi Dasar : Menghargai perjuangan para tokoh dalam mem¬pertahankan
kemerdekaan
III. lndikator : - Menjelaskan cara mengenang perjuangan para tokoh dalam
mempertahankan kemerdekaan
- Menunjukkan sikap menghargai perju-angan para tokoh dalam memper-tahankan kemerdekaan
IV. Materi Pokok
Proklamasi kemerdekaan Indonesia
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 15 – 16)
1. Pendahuluan
- Untuk membangkitkan motivasi belajar siswa, guru rnemperlihatkan gambar-gambar tokoh perjuangan, kemudian mengajukan beberapa pertanyaan sesuai materi
2. Kegiatan inti
- Guru menjelaskan secara singkat sesuai materi
- Mengadakan tanya jawab tentang cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
- Dengan bimbingan guru, siswa mengadakan diskusi tentang cara mengenang tokoh perjuangan kemerdekaan
- Guru menjelaskan cara bersikap menghargai para tokoh perjuangan
- Secara bergantian siswa menunjukkari sikap menghargai para tokoh perjuangan
3. Kegiatan penutup
- Menyimpulkan materi yang telah dipelajari
- Mengadakan tes tertulis (uji kompetensi)
VI. Alat Dan Sumber Bahan
1. Alat : Gambar
2. Sumber : Buku IPS kelas V yang relevan
VII. Penilaian
1. Produk / hasil
2. Kinerja
3. Penugasan
Mengetahui, Jakarta, …………………20….
Kepala Sekolah Guru Kelas
………………………. ……………………….
NIP……………………… NIP………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar