Peningkatan mutu SDM dituangkan dalam bentuk pendirian sekolah-sekolah unggulan di beberapa wilayah. Beberapa contoh sekolah unggulan yang sudah ada seperti di Magelang dan Tarutung, Sumatera Utara mampu menghasilkan lulusan dengan prestasi akademik yang tinggi.
Namun dalam pelaksanaannya, sebenarnya sekolah-sekolah tersebut hanya menerima input siswa yang sudah berprestasi (baca: memiliki NEM yang tinggi). Jadi sesungguhnya hanyalah sekolah dengan kumpulan anak-anak cerdas sehingga dengan memilih input yang baik otomatis hasil outputnya pun akan baik.
Sehingga beberapa pakar pendidikan mempertanyakan definisi dari Sekolah Unggulan sehingga memunculkan konsep pengertian sekolah unggulan.
Tipe Sekolah Unggulan
Tipe 1
Tipe ini seperti yang diuraikan di atas, dimana sekolah menerima dan menyeleksi secara ketat siswa yang masuk dengan kriteria memiliki prestasi akademik yang tinggi. Meskipun proses belajar-mengajar sekolah tersebut tidak luar biasa bahkan cenderung ortodok, namun dipastikan karena memilih input yang unggul, output yang dihasilkan juga unggul.
Tipe 2
Sekolah dengan menawarkan fasilitas yang serba mewah, yang ditebus dengan SPP yang sangat tinggi. Konon, untuk sekolah dasar unggulan di Parung, Bogor uang pangkalnya saja bisa sekitar lebih dari 7 juta. Mahal? Nggak juga tuh, buktinya banyak orang-orang Indonesia yang sekolah di sana. Tidak mahal menurut mereka dibandingkan biaya sekolah di luar negeri, dan memang sekolah ini dibangun untuk membendung arus warga negara Indonesia yang berbondong-bondong sekolah ke luar negeri. Otomatis prestasi akademik yang tinggi bukan menjadi acuan input untuk diterima di sekolah ini, namun sekolah ini biasanya mengandalkan beberapa "jurus" pola belajar dengan membawa pendekatan teori tertentu sebagai daya tariknya. Sehingga output yang dihasilkan dapat sesuai dengan apa yang dijanjikannya.
Tipe 3
Sekolah unggul ini menekan pada iklim belajar yang positif di lingkungan sekolah. Menerima dan mampu memproses siswa yang masuk sekolah tersebut (input ) dengan prestasi rendah menjadi lulusan (output) yang bermutu tinggi.
Ada baiknya kita lihat definisi dari sekolah unggulan yang berkembang saat ini. Sekolah Unggulan adalah Terjemahan bebas dari "Effective School"
An Effective School is a school that can, in measured student achievement terms, demonstrate the joint presence of quality and equity. Said another way, an Effective School is a school that can, in measured student achievement terms and reflective of its “learning for all” mission, demonstrate high overall levels of achievement and no gaps in the distribution of that achievement across major subsets of the student population.
(EFFECTIVE SCHOOLS RESEARCH AND THE ROLE OF PROFESSIONAL LEARNING COMMUNITIES)
Jadi dengan kata lain sekolah unggulan adalah sekolah yang mampu membawa setiap siswa mencapai kemampuannya secara terukur dan mampu ditunjukkan prestasinya tersebut.
Nah timbul pertanyaan dari saya pribadi soal ujian nasional yang dilaksanakan kemarin, apakah memang benar evaluasi tersebut mampu menunjukkan kemampuan anak secara terukur dan mampu menunjukkan prestasinya tersebut?
Karena sekolah bisa dikatakan unggul dalam pencapaiannya. Ada beberapa faktor yang harus dicapai bila sekolah tersebut bisa dikategorikan sekolah unggul:
1. Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Profesional
Kepala Sekolah seharusnya memiliki kemampuan pemahaman dan pemahaman yang menonjol. Dari beberapa penelitian, tidak didapati sekolah yang maju namun dengan kepala sekolah yang bermutu rendah.
Penelitian Standfield, dkk (1987) selama 20 bulan di Sekolah Dasar Garvin Missouri dan Gibbon (1986) di sekolah-sekolah negeri di Ohio selama tahun ajaran 1982/1983, keduanya menemukan bahwa peran kepala sekolah yang efektif dan profesional mampu mengangkat nama sekolah mereka sehingga mampu memperbaiki prestasi akademik mereka.
2. Guru-guru yang tangguh dan profesional
Guru merupakan ujung tombak kegiatan sekolah karena berhadapan langsung dengan siswa. Guru yang profesional mampu mewujudkan harapan-harapan orang tua dan kepala sekolah dalam kegiatan sehari-hari di dalam kelas.
3. Memiliki tujuan pencapaian filosofis yang jelas
Tujuan filosofis diwujudkan dalam bentuk Visi dan Misi seluruh kegiatan sekolah. Tidak hanya itu, visi dan misi dapat di cerna dan dilaksanakan secara bersama oleh setiap elemen sekolah.
4. Lingkungan yang kondusif untuk pembelajaran
Lingkungan yang kondusif bukanlah hanya ruang kelas dengan berbagai fasilitas mewah, lingkungan tersebut bisa berada di tengah sawah, di bawah pohon atau di dalam gerbong kereta api -siapa yang sudah baca Toto Chan?- Yang jelas lingkungan yang kondusif adalah yang lingkungan yang dapat memberikan dimensi pemahaman secara menyeluruh bagi siswa
5. Jaringan organisasi yang baik
Jelas, organisasi yang baik dan solid baik itu organisasi guru, orang tua akan menambah wawasan dan kemampuan tiap anggotanya untuk belajar dan terus berkembang. Serta perlu pula dialog antar organisasi tersebut, misalnya forum Orang Tua Murid dengan forum guru dalam menjelaskan harapan dari guru dan kenyataan yang dialami guru di kelas.
6. Kurikulum yang jelas
Permasalahan di Indonesia adalah kurikulum yang sentralistik dimana Diknas membuat kurikulum dan dilaksanakan secara nasional. Dengan hanya memuat 20% muatan lokal menjadikan potensi daerah dan kemampuan mengajar guru dan belajar siswa terpasung. Selain itu pola evaluasi yang juga sentralistik menjadikan daerah semakin tenggelam dalam kekayaan potensi dan budayanya.
Ada baiknya kemampuan membuat dan mengembangkan kurikulum disesuaikan di tiap daerah bahkan sekolah. Pusat hanya membuat kisi-kisi materi yang akan diujikan secara nasional. Sedang pada pelaksanaan pembelajaran diserahkan kepada daerah dan tiap sekolah menyusun kurikulum dan target pencapaian pembelajaran sendiri. Diharapkan akan muncul sekolah unggulan dari tiap daerah karena memiliki corak dan pencapaian sesuai dengan potensinya. Seperti misalnya sekolah di Kalimantan memiliki corak dan target pencapaian mampu mengolah hasil hutan dan tambang juga potensi seni dan budaya mampu dihasilkan sekolah-sekolah di Bali.
7. Evaluasi belajar yang baik berdasarkan acuan patokan untuk mengetahui apakah tujuan pembelajaran dari kurikulum sudah tercapai
Bila kurikulum sudah tertata rapi dan jelas, akan dapat teridentivikasi dan dapat terukur targer pencapaian pembelajaran sehingga evaluasi belajar yang diadakan mampu mempetakan kemampuan siswa.
8. Partisipasi orang tua murid yang aktif dalam kegiatan sekolah.
Di sekolah unggulan dimanapun, selalu melibatkan orang tua dalam kegiatannya. Kontribusi yang paling minimal sekali adalah memberikan pengawasan secara sukarela kepada siswa pada saat istirahat. Pada proses yang intensif, orang tua dilibatkan dalam proses penyusunan kurikulum sekolah sehingga orang tua memiliki tanggung jawab yang sama di rumah dalam mendidik anak sesuai pada tujuan yang telah dirumuskan. Sehingga terjalin sinkronisasi antara pola pendidikan di sekolah dengan pola pendidikan di rumah
Pada akhirnya sekolah unggulan adalah program bersama seluruh masyarakat, yang tidak hanya dibebankan kepada pemerintah, sekolah dan orang tua secara perorangan. Namun menjadi tanggung jawab bersama dalam peningkatan SDM Indonesia.
Contekan:
Characteristics of Effective Schools; CT Council of P&C Associations (http://www.schoolparents.canberra.net.au/effective_schools)
EFFECTIVE SCHOOLS RESEARCH AND THE ROLE OF PROFESSIONAL LEARNING COMMUNITIES; Terry McLaughlin, Assistant Superintendent, Student Services San Bernardino County Superintendent of Schools
(http://www.fcoe.k12.ca.us/eduscrvc/spec_ed_docs%5CEffective%20Schools%2010-04.ppt)
STUDENT MOBILITY; http://www.tandl.leon.k12.fl.us/programme/mobility.html
bundakirana wrote on May 24, '06 sayangnya, sekolah unggulan biasanya=sekolah mahal ya? jadi, yg kaya akan makin unggul |
instantmirage wrote on May 24, '06 yaa rugi doong tante klo unggulan malah murah, yang udah buduk ya murah ajalah... demonstrate high overall levels of achievement and no gaps in the distribution of that achievement across major subsets of the student population. ---> masih mustahil kayaknya di indo... =P |
muhamadikhsan wrote on May 24, '06, edited on May 24, '06 bundakirana said sayangnya, sekolah unggulan biasanya=sekolah mahal ya?jadi, yg kaya akan makin unggul Hmm... nggak juga. Saya sempat mencatat, sekolah seperti Smart Ekselensia (Dompet Dhuafa Republika) di Parung Bogor -saya suka sekali konsep dan lokasi sekolah ini karena secara filosif mengajak orang untuk merenung terutama pada sekolah "mahal" tetangganya-, juga SMP Utama, grup dari Lazuardi Global Islamic School di Depok malah khusus menerima orang-orang dari kalangan menengah ke bawah dengan biaya murah karena ditopang dari dana zakat dan infak. Atau Sekolah Based Community dari Dik Doang & Rumah Dunia-nya Gola Gong juga bisa masuk kategori sekolah unggulan. Unggul bukan hanya melulu potensi akedemik (IQ) saja tapi juga pada life skill (EQ, AQ = ADVERSITY QUOTIENT) dan mungkin juga bisa Spiritual Quotient/SQ |
muhamadikhsan wrote on May 24, '06 instantmirage said yaa rugi doong tante klo unggulan malah murah,yang udah buduk ya murah ajalah... demonstrate high overall levels of achievement and no gaps in the distribution of that achievement across major subsets of the student population. ---> masih mustahil kayaknya di indo... =P Sekolah mutlak harus murah -tapi tidak boleh gratis- Nah, yang jadi persoalan bagaimana proses menjadi sekolah murah dan berkualitas itu. Saya pikir pemerintah, masyarakat dan profesionalisme dari "aparat" pendidikan mutlak diperlukan. Ya, anggaran pendidikan yang 20% itu jangan diutang sama pemerintah lah. Udah anggaran pendidikan kita paling rendah di Asia (mungkin juga dunia) masih diutang pula -dalam arti pencapaian 20% itu tidak sekaligus pada APBN saat ini. |
fauziach wrote on May 25, '06 Semestinya sudah kewajiban pemerintah untuk hal ini, dan warga negara sangat berhak untuk mendapatkan pedidikan yang layak dan berkualitas. Tapi kenyataannya, betul apa yang dibilang bang Muhammad. anggaran kita paling kecil se asia, ternyata anggaran pendidikan kita tidak sampai 10%. Banyak sekali di pemda atau pemkab yang sempat mencolok mata ini. Bayangkan saja anggaran untuk beli mobil dinas begitu besar, tapi banyak sekali sekolahan yang tidak layak sebagai tempat belajar. Tapi untungnya kita masih punya orang yang peduli pendidikan. Semoga! |
muhamadikhsan wrote on May 25, '06 fauziach said anggaran pendidikan kita tidak sampai 10% Tepatnya 9,6% (Rp36,7 triliun) dan Itupun jika ditambah dengan anggaran pendidikan yang masuk di anggaran Departemen Agama (Depag). Lihat di sini Mas, pendidikan kan investasi yang sulit buat balik modal cepat. Rugi atuh... Mendingan inves di mobil atau rumah. Hiks, hiks... tapi mereka nggak tau dalam 1 bulan aja sudah 3 sekolah roboh... |
ajiprabowo wrote on May 26, '06 Oh Indonesiaku,.. memang penuh perjuangan yah,.. tapi jangan pernah putus asa,.. Karena Allah Maha Tahu akan segala sesuatunya,.. dan dengan berjuang,.. bersama,.. untuk tujuan yang utama,.. Allah akan senantiasa membantu usaha2 optimal kita,... AMin Mudah2an dengan berkembangnya individu2,.. kumpulan2 orang,.. yang peduli dengan orang2 sekitar,.. peduli dengan nasib masa depan bangsa,.. sadar akan adanya Allah sebagai pemerhati apapun yang terjadi di dunia ini,.. Bangsa Indonesia akan kembali ke masa kejayaannya,.. Amin |
muhamadikhsan wrote on May 26, '06 ajiprabowo said Oh Indonesiaku,.. memang penuh perjuangan yah,.. tapi jangan pernah putus asa,.. Karena Allah Maha Tahu akan segala sesuatunya,.. dan dengan berjuang,.. bersama,.. untuk tujuan yang utama,.. Allah akan senantiasa membantu usaha2 optimal kita,... AMinMudah2an dengan berkembangnya individu2,.. kumpulan2 orang,.. yang peduli dengan orang2 sekitar,.. peduli dengan nasib masa depan bangsa,.. sadar akan adanya Allah sebagai pemerhati apapun yang terjadi di dunia ini,.. Bangsa Indonesia akan kembali ke masa kejayaannya,.. Amin Amin... Kita semua sama-sama berjuang & berdoa |
elbintang wrote on Jun 2, '06 rame2 ke sekolah unggul sekolah unggul diseleksi seleksi yg digunakan biasanya seleksi akademik (nilai raport atau test matematika, sains, psikotes) untuk anak tk biasanya yg ditest keberanian...tk gitu lho ??? kenapa ditest ? testnya dijadual lagih ... untuk SD -apa sudah bisa membaca ? berhitung ?- untuk SMP -berapa nilai math-sains-b.iggrisnya ? SMU ? ... sekolah unggulan kita masih memuja otak hitung-hitungan. unggul kah ? |
muhamadikhsan wrote on Jun 2, '06 elbintang said sekolah unggulan kita masih memuja otak hitung-hitungan.unggul kah ? Hehehe, karena itu skala yang paling mudah dan "murah" buat bikin skala perhitungan. -proyek gono-gininya juga gede soalnya- Managemen yang nggak profesional dari Depdiknas juga ikut punya andil -ingat keputusan yang cenderung nggak jelas dari Mendiknas soal awal perlu tidaknya UN- |
mustikadh wrote on Jun 2, '06 muhamadikhsan said Hmm... nggak juga. Saya sempat mencatat, sekolah seperti Smart Ekselensia (Dompet Dhuafa Republika) di Parung Bogor -saya suka sekali konsep dan lokasi sekolah ini karena secara filosif mengajak orang untuk merenung terutama pada sekolah "mahal" tetangganya-, juga SMP Utama, grup dari Lazuardi Global Islamic School di Depok malah khusus menerima orang-orang dari kalangan menengah ke bawah dengan biaya murah karena ditopang dari dana zakat dan infak.Atau Sekolah Based Community dari Dik Doang & Rumah Dunia-nya Gola Gong juga bisa masuk kategori sekolah unggulan. Unggul bukan hanya melulu potensi akedemik (IQ) saja tapi juga pada life skill (EQ, AQ = ADVERSITY QUOTIENT) dan mungkin juga bisa Spiritual Quotient/SQ Di Malang sini ada TK gratis untuk anak dhuafa, juga bimbingan belajar untuk anak-anak putus sekolah. Memang informal sih, karena dananya juga terbatas. Tapi memang kelihatannya yang konsern sama masalah begini justru bukan pemerintah... |
amazb wrote on Jan 15, '07 tuk info: sekarang di Lazuardi GIS Depok selain menerapkan bilingual (En - Indo)sekarang metoda pengajaran mengacu pada Cambridge International Primary Programme yang merupakan kurikulum internasional yang mana lulusannya dr tingkat SD - SMA selain mendapatkan ijazah kelulusan juga mendapatkan sertifikat dari Cambridge University yang mana berlaku diseluruh dunia bila nantinya si siswa akan melanjutkan sekolah di luar negri |
muhamadikhsan wrote on Jan 16, '07 amazb said tuk info: sekarang di Lazuardi GIS Depok selain menerapkan bilingual (En - Indo)sekarang metoda pengajaran mengacu pada Cambridge International Primary Programme yang merupakan kurikulum internasional yang mana lulusannya dr tingkat SD - SMA selain mendapatkan ijazah kelulusan juga mendapatkan sertifikat dari Cambridge University yang mana berlaku diseluruh dunia bila nantinya si siswa akan melanjutkan sekolah di luar negri hehehe... salam kenal. Saya juga dulu dari Lazuardi bagian litbangnya. Salam buat teman-teman di sana. Syukur alhamdulillah kalau perkembangan Lazuardi sudah seperti itu. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar