SELAMAT DATANG DI BLOG HARYOTO SUNGAILIAT BANGKA

Senin, 29 Juni 2009

RPP IPS KELAS V I SEMESTER 1- 2 SEKOLAH DASAR

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

KELAS VI
SEMESTER 1



Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VI / I
Alokasi Waktu :18 x 35 menit
Pert. 7 – 12 (6 minggu)


I. Standar Kompetensi : Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan
alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan kenampakan alam dan keadaan sosial
negara-negara tetangga
III. Indikator : - menunjukan tentang kenampakan alam dan keadaan sosial
negara-neara tetangga
- membandingkan kenampakan alam keadaan sosial negara-
negara tetangga.

IV. Materi Pokok
Kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga.

V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 7-12)
Pertemuan 7-9
- Menjelaskan tentang kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga
- Tanya jawab dan observasi tentang kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga
Pertemuan 10-12
- Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
- Mendiskusikan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga

VI. Alat Dan Sumber Bahan
- Peta, atlas
- Globedan Buku yang relevan

VII. Penilaian
- Tes tertulis : Uraian
- Pengamatan / perbuatan


Mengetahui, Jakarta, ………………………20…….
Kepala Sekolah Guru Kelas



………………………. ……………………….
NIP. ………………… NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VI / I
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert. 1 – 6 (6 minggu)


I. Standar Kompetensi : Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan
alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara
serta benua-benua.
II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan perkembangan system administrasi wilayah
Indonesia
III. Indikator : - Menjelaskan perkembangan system administrasi wilayah
Indonesia
- Menunjukan perkembangan system administrasi wilayah
Indonesia dalam Peta / globe
- Membandingkan perkembangan system administrasi wilayah
Indonesia dengan Negara-negara tetangga.
IV. Materi Pokok
Perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia

V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-6)
Pertemuan 1-2
- Menjelaskan tentang perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
- Tanya jawab tentang perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
Pertemuan 1-2
- Menunjukkan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia dalam peta / atlas, globe
- Mengamati peta / atlas, globe setelah itu menunjukkan dalam peta/atlas, globe tersebut
- Tanya jawab.
Pertemuan 1-2
- Membandingkan perkembangan sistem administrasiwilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga.
- Mengamati dan mendiskusikan tentang perkembangan sistem admisitrasi wilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga.
- Tugas

VI. Alat Dan Sumber Bahan
- Peta
- Globe
- Buku yang relevan






VII. Penilaian
- Tes tertulis : Uraian
- Pengamatan / perbuatan


Mengetahui, Jakarta, ………………………20…….
Kepala Sekolah Guru Kelas



………………………. ……………………….
NIP. ………………… NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VI / I
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert. 13 – 18 (6 minggu)


I. Standar Kompetensi : Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan
alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara
serta benua-benua.
II. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi benua-benua
III. Indikator : - Menunjukkan benua-benua
- Membedakan benua-benua
IV. Materi Pokok
Benua-benua
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 13-18)
Pertemuan 13-15
- Menunjukan benua-benua
- Dengan mengadakan pengamatan peta, atlas/globe yang dilanjutkan tanya jawab dan diskusi.
Pertemuan 16-18
- Membedakan benua-benua
- Mengamati peta, atlas/globe dilanjutkan tanya jawab, diskusi, tugas
VI. Alat Dan Sumber Bahan
- Peta,
- Globe
- Buku yang relevan
VII. Penilaian
- Tes tertulis : Uraian
- Pengamatan / perbuatan


Mengetahui, Jakarta, ………………………20…….
Kepala Sekolah Guru Kelas



………………………. ……………………….
NIP. ………………… NIP. …………………

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

KELAS VI
SEMESTER 2



Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert. 1 – 5 (5 minggu)

I. Standar Kompetensi : Memahami gejala (peristiwa) di Indonesia dan sekitarnya.
II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di
Indonesia dan negara tetangga
III. Indikator : - Menemutunjukkan pada peta letak dan nama negara
tetangga Indonesia.
- Membandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan
negara-negara lain.

IV. Materi Pokok
Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-5)
Pertemuan 1
- Pengamatan Peta Asia Tenggara
- Tanya jawab tentang Peta Asia Tenggara
- Menemutunjukkan negara-negara Asia Tenggara
Pertemuan 2
- Pengamatan Peta Asia Tenggara
- Mendisusikan negara-negara Asia Tenggara
- Menggambar peta negara-negara Asia Tenggara
Pertemuan 3
- Pengamatan peta Asia Tenggara
- Mendiskusikan tentang ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
- Menemutunjukkan ciri-ciri gejala ala Indonesia denga Negara-negara di Asia Tenggara.
Pertemuan 4
- Pengamatan peta Asia Tenggara
- Menyebutkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
- Tanya jawab ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tanggara.
Pertemuan 5
- Kesimpuan guru dan siswa
- Evaluasi
VI. Alat Dan Sumber Bahan
- Gambar peta Indonesia
- Gambar Peta Asia Tenggara







VII. Penilaian
- Tes tertulis : Pilihan ganda, jawab singkat
- Pengamatan / perbuatan




Mengetahui, Jakarta, ………………………20…….
Kepala Sekolah Guru Kelas



………………………. ……………………….
NIP. ………………… NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert. 6 – 9 (4 minggu)


I. Standar Kompetensi : Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan
sekitarnya.
II. Kompetensi Dasar : Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam.
III. Indikator : - Menjelaskan cara-cara menghadapi bencana alam.
- Menunjukkan jenis-jenis bencana alam.

IV. Materi Pokok
Cara menghadapi bencana alam
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 6-9)
Pertemuan 6
- Menjelaskan tentang cara-cara menghadapi bencana alam
- Tanya jawab tentang cara-cara menghadapi bencana alam
- Mendiskusikan tentang cara-cara menghadapi bencana alam
Pertemuan 7
- Mengamati gambar bencana alam
- Menentukan cara-cara menghadapi bencana alam
- Mendiskusikan bantuan yang sesuai dengan bencana alam yang terjadi
Pertemuan 8
- Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu
- Menjelaskan tentang jenis-jenis bencana alam
- Mendiskusikan penyebab tiap jenis bencana alam
Pertemuan 9
- Kesimpulan guru da siswa
- Evaluasi

VI. Alat Dan Sumber Bahan
- Gambar peta Indonesia
- Gambar Peta Asia Tenggara
VII. Penilaian
- Tes tertulis : jawab singkat, uraian
- Pengamatan / perbuatan


Mengetahui, Jakarta, ………………………20…….
Kepala Sekolah Guru Kelas



………………………. ……………………….
NIP. ………………… NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 15 x 35 menit
Pert. 10 – 14 (4 minggu)


I. Standar Kompetensi : Memahami peranan Indonesia di era globalisasi
II. Kompetensi Dasar : Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dan
dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan Bangsa
Indonesia
III. Indikator : - Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi.
- Menunjukkan contoh perubahan perilaku masyarakat
sebagai dampak globalisasi (Misalnya : gaya hidup,
makanan, pakaian, komunikasi, perjalanan nilai-nilai dan
tradisi).
IV. Materi Pokok
Peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap keidupan bangsa Indonesia.
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 10-14)
Pertemuan 10
- Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan
- Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi
- Mendiskusikan peranan Indonesia pada era globalisasi.
Pertemuan 11
- Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan
- Menjelaskan contoh-contoh perubahan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi.
- Mendiskusikan contoh-contoh perubahan pada era globalisasi.
Pertemuan 12
- Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan
- Menjelaskan dampak positif terhadap kehidupan bangsa Indonesia akibat globalisasi
- Mendiskusiakan dampak positif globalisasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia.
Pertemuan 13
- Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan
- Menjelaskan dampak negatif terhadap kehidupan bangsa Indonesia akibat globalisasi
- Mendiskusikan dampak negatif globalisasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia.
Pertemuan 14
- Kesimpuan guru dan siswa
- Evaluasi
VI. Alat Dan Sumber Bahan
- Gambar pabrik tekstil
- Gambar kilang minyak


VII. Penilaian
- Tes tertulis : jawab singkat, Pilihan ganda, Uraian
- Pengamatan / perbuatan

Mengetahui, Jakarta, ………………………20…….
Kepala Sekolah Guru Kelas


………………………. ……………………….
NIP. ………………… NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 15 x 35 menit
Pert. 15 – 18 (4 minggu)


I. Standar Kompetensi : Memahami peranan Indonesia di era globalisasi mengenai
manfaat ekspor dan impor di Indonesia.
II. Kompetensi Dasar : Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai
kegiatan ekonomi antar bangsa.
III. Indikator : - Menemutunjukkan barang yang di Ekspor dan di Impor oleh
Indonesia.
- Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan pertukaran barang-
barang antara Indonesia dan luar negeri.
- Menunjukkan manfaat adanya pertukaran barang antara
Indonesia dan luar negeri.
IV. Materi Pokok
Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-5)
Pertemuan 1
- Pengamatan Peta Asia Tenggara
- Tanya jawab tentang Peta Asia Tenggara
- Menemutunjukkan negara-negara Asia Tenggara
Pertemuan 2
- Pengamatan Peta Asia Tenggara
- Mendisusikan negara-negara Asia Tenggara
- Menggambar peta negara-negara Asia Tenggara
Pertemuan 3
- Pengamatan peta Asia Tenggara
- Mendiskusikan tentang ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
- Menemutunjukkan ciri-ciri gejala ala Indonesia denga Negara-negara di Asia Tenggara.
Pertemuan 4
- Pengamatan peta Asia Tenggara
- Menyebutkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
- Tanya jawab ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tanggara.
Pertemuan 5
- Kesimpuan guru dan siswa
- Evaluasi
VI. Alat Dan Sumber Bahan
- Gambar peta Indonesia
- Gambar Peta Asia Tenggara



VII. Penilaian
- Tes tertulis : Pilihan ganda, jawab singkat
- Pengamatan / perbuatan
Mengetahui, Jakarta, ………………………20…….
Kepala Sekolah Guru Kelas


………………………. ……………………….
NIP. ………………… NIP. …………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa pendapat Anda dengan Blog ini?

Pengikut